Next Post
banner
IMG_20200507_214200

Fenomena Kolaborasi Rhoma dan Anisa

Oleh : Surya AKA
Ketua Umum DPP FORSA

 

Jakarta, Voice of Dangdut – Beberapa hari lalu kita dikejutkan tayangan promo Rhoma Irama 73 Tahun, akan berkolaborasi duet dengan Anisa Rahman 25 tahun.

Penyanyi pendatang baru asal Bekasi yang berangkat dari gambus itu semula digadang-gadang bakal berduet dengan Raja Dangdut. Benar adanya kamis 7/5/2020 pukul 13.50 Wib keduanya muncul di layar YouTube Premiere Rhoma Irama feat Anisa Rahman single Virus Corona.

Bertemunya Rhoma dan Anisa hingga sampai duet, tampaknya bukan soal siapa melamar siapa. Tapi faktor kepentingan bisnis masing masing artis. Anisa berkepentingan karena akan mendapat “anugerah” besar.

Anisa saat latihan vokal dengan Rhoma

Sementara ratusan artis seolah mengantri kepingin diajak duet dengan Sang Raja. Kali ini Anisa yang baru 4 tahun masuk dunia nyanyi sudah bisa bersanding dengan Rhoma.

Anisa dikenal sebagai penyanyi religi yang pernah tergabung dalam grup musik Sabyan Gambus, sebagai backing vokalis.

Bergabung di Grup musik Sabyan Gambus sejak 2015 – 2018. Tahun 2019 keluar dari Sabyan Gambus, Anisa bersolo karir.

Walau lagu-lagunya belum banyak yang hits, seperti “Waqtu Sahar”, “Ibadallah Rijallah”, “Shalawat Burdah” atau “Berakhir Dalam Taubat”. Anisa justru melejit saat membawakan cover lagu “Siti Aisyah Istri Rasulullah.”

Lagu “Aisyah Istri Rasulullah” sempat duduk di 10 trending Topik youtube Indonesia. Ini yg menarik perhatian karena bersaing dengan Rhoma Virus Corona yg sempat trending di urutan ke 11 Youtube Indonesia.

Siti Aisyah sudah ditonton 38 juta dalam tayang 1 bulan lalu. Sementara Virus Corona Rhoma Irama baru 5,5 juta dalam durasi yag sama.

Jumlah view penonton memang bukan ukuran riil jumlah penggemar. Hanya mereka yg selalu pegang gadget khususnya anak muda dibawah 30 tahun. Wajar kalau Anisa mengalahkan Rhoma.

Bagi Rhoma, makna duet dengan Anisa juga cukup besar. Mengapa? Rhoma sejak awal terbuka untuk kolaborasi dengan artis maupun band berkelas. Terakhir Januari 2020 Rhoma kolaborasi 6 lagu dengan Iwan Fals.

Sebelumnya dengan artis milenial Via Vallen, Rhoma juga sempat tukar lagu saat pentas kolaborasi dengan Ungu, DMassive, Ahmad Dhani, Radja, DBagindas, dan lainnya. Tak terkecuali artis pop Rosa, Krisdayanti, Yuni Shara, bahkan Siti Nurhaliza.

Keterbukaan Rhoma ini bentuk silaturahim senior dan junior. Sementara secara market, senior dan junior saling diuntungkan karena kedua asal penggemar akan menyatu sama sama mendukung.

Kita harapkan kolaborasi Rhoma dan Anisa akan mencapai tujuan itu. Semoga. (aka/unoe)

 

* Penulis adalan Ketua Umum DPP Forsa (Fans of Rhoma and Soneta), Dosen UIN Sunan Ampel dan Wartawan Senior di Surabaya.

Related posts