Next Post
banner
Didi Kempot, VOD

Surya Aka: Didi Kempot Inspirator Pedangdut Milenial

Jakarta, Voice of Dangdut – Didi Kempot tidak saja berhasil mengangkat musik Campursari Jawa. Didi juga berhasil menjadi inspirator para artis dangdut milenial. Hal itu dikemukakan Surya Aka, wartawan senior dan Dewan Pembina DPP PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia).

Didi Kempot dan lirik Tatu

Menurut Aka, sekalipun Didi Kempot masuk dunia dangdut lewat Campursari (Pop Jawa), karyanya memiliki pasar tersendiri. “Beliau tekun, terus berkarya dan fokus. Akhirnya berhasil mencapai puncak,” tandas Aka yg juga ketua umum DPP FORSA (Fans Of Rhoma and Soneta).

Lewat lagu “Stasiun Balapan” Didi mulai dikenal, karena lagu campursari garapan Manthous itu dicomot oleh genre dangdut sehingga lebih populer.

Dalam 5 tahun terakhir lagu-lagu ciptaan Didi Kempot menjadi lebih menarik setelah mendapat sentuhan vokal penyanyi dangdut milenial seperti Via Vallen, Nella Kharisma dan kerap didendangkan kembali oleh artis-artis muda di panggung New Monata ataupun New Pallapa.

Hampir semua orkes membawakan lagu-lagunya, seperti Suket Teki, Sewu Kuto, Stasiun Balapan, Pamer Bojo, Cidro, Kalung Emas, sekarang single Tatu berada di papan atas.

“Sementara ini dangdut original bagai tersisih. Lagu-lagu campursari yang dibumbui dangdut justru merajai jagat hiburan stasiun TV dan panggung dangdut,” kata Aka yg juga banyak mengoleksi karya Didi Kempot.

Ketika Didi Kempot berada di puncak karier, ternyata Allah Taala memanggilnya.

Adakah penerus Didi?

Ada secercah harapan yang bakal mengikuti arahnya, dari sekian banyak penggemar millenial Campursari dangdut, sepertinya Denny Caknan anak muda dari Ngawi berhasil mengikuti jejak Didi Kempot.

Didi Kempot bersama juniornya Denny Caknan

Lagu-lagu karya Denny bersaing ketat dengan ciptaan Didi Kempot di pasar online. “Kartonyono Medot Janji” ciptaan Denny 2019, berhasil meraih 138 juta views di channel YouTube. Tema besarnya mengikuti Didi yaitu Cinta dan Patah Hati.

Campursari moderen kian mendapat tempat di negeri ini, lagu “Sugeng Dalu” karya Denny saat ini berada di puncak dan sudah ditonton 68 juta. Disusul Dalan Liyane ciptaan Hendra Kumbara.

“Terima kasih Sobat Didi Kempot. Terima kasih karyamu telah meramaikan jagat dangdut millenial. Dangdut tetap teratas di negeri sendiri. Selamat jalan semoga Allah memberikan tempat terbaik untukmu,” tutup Aka dengan doa. (aka/unoe).

Related posts