Next Post
banner
IMG_20200711_072031

Selama Pandemi, Rani Zamala Belajar Menjadi YouTuber

Jakarta, Voice of Dangdut – Penggemar dangdut tanah air terutama pemirsa Indosiar, tidak ada yang tidak kenal dengan Rani DA3 artis jebolan Dangdut Academy musim ke 3. Remaja kelahiran Polewali 19 Juni 1998 ini sudah mewarnai blantika dangdut nasional mulai tahun 2016.

Bagi Rani dangdut adalah keseharian yang sudah mendarah daging, sejak penyanyi berparas manis oriental ini berusia 6 tahun. Bagaimana bisa anak kecil seumur itu dapat menguasai dangdut?

Berikut kami rangkum penuturan gadis bernama lengkap Nurafni, dengan nama populer Rani Zamala kepada Wahed Unoe dari VOD melalui wawancara video, pada Rabu 8/7/2020.

Artis jebolan pencarian bakat D’Academy ini mengisahkan. “Saya bernyanyi dari umur 6 tahun, papa dan mama musisi dan penyanyi. Papa pemain musik dan mama memang seorang penyanyi dangdut.”

Rani bersama keluarga besarnya

Ternyata semua keluarga besar Rani berprofesi musisi dan penyanyi, selain papa dan mamanya, kakak pertama pemain musik, kakak kedua dan ketiga penyanyi. “Sepertinya adikku yang kelima dan keenam juga bakal jadi pemain musik dan penyanyi, bakat mereka sudah terlihat dari sekarang.”

“Aku pertama kali naik panggung nyanyi lagu dangdut saat itu kelas 1 SD, lagu pertama aku belajar dan nyanyi di panggung judulnya Mati Aku dan satu lagi Siapa,” ucap Rani sembari menyanyi masing-masing 1 baris kedua lagu karya Raja Dangdut Rhoma Irama, walau nyanyi singkat tanpa musik namun suaranya sangat merdu.

Rani menuturkan semasa di sekolah ia selalu ditunjuk sebagai perwakilan sekolah untuk ikut menyanyi, baik di Kecamatan, Kabupaten hingga kompetsi- kompetisi di tingkat provinsi, Selain itu ia sering mengisi acara hiburan tahunan di Bank Pemerintah dan Swasta.

Putri ke 4 dari 6 bersaudara pasangan Jamaluddin dan Suryani menceritakan, dari masa kecil setiap ikut kompetisi selalu berada di Top Three, kalau nggak dapat juara 1, atau 2 maka juara 3 pasti diraihnya.

Tiba sebuah masa di tahun 2016, ia sangat bersyukur karena dapat kesempatan mewakili provinsi Kalimantan Timur ikut D’Akademy 3, hingga selesai audisi mengantarkan Rani masuk Top 4. Kemudian ia kembali dapat kesempatan ikut D’Academy Asia 2, lagi-lagi Rani menoreh keberhasilan meraih runner up.

Apakah Rani pernah keluarkan single? “Alhamdulillah sudah punya 2 single, pertama judulnya Mana Mana Mana dan yang kedua judulnya Tanda Tanda Cinta, support dan terus tonton channel YouTube Rani Zamala ya.” Harap Rani agar klik link https://youtu.be/BhXXeYrCsCA atau ketuk gambar dibawah ini.

Tanda Tanda Cinta (ketuk gambar untuk menyaksikan)

“Single Rani berikutnya sedang on process, lagi dikerjakan dan doain semoga lancar. Lagu yang bakal Rani rilis kedepan ini adalah request dari fans Ranivers untuk Rani bikinkan lagu bergenre khusus.” Sebut gadis 22 tahun ini menjawab permintaan penggemarnya agar Rani keluarkan lagi single barunya.

Rani termasuk artis D’Academy yang beruntung, hingga sekarang wajahnya kerap menghiasi layar televisi Indosiar. Tidak heran jika ia banyak dapat jop off air hampir seluruh daerah di tanah air.

Kalau show ke luar negeri kemana saja? “Aku pernah nyanyi di acara kerajaan Brunai Darussalam, itu pengalaman pertama yang luar biasa karena aku penyanyi dari panggung ke panggung, tiba-tiba dapat jop off air ke luar negeri.”

“Aku gugup banget takut salah karena bahasa dan kultur kita beda sama mereka jadi sangat-sangat nenyesuaikan. Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar, aku happy dan penontonku di Brunai juga happy semuanya.” Sebut Rani dengan wajah gembira.

Walau sudah sukses sebagai artis dangdut, namun Rani Zamala tetap tertarik mencoba belajar acting. Terbukti ia sukses menjadi bintang FTV Indosiar, peran antagonis yang diberikan untuknya dalam sinetron Pintu Berkah dan Azab, produksi Mega Kreasi Film (MKF) benar-benar membuat penggemar Rani takjub.

Rani FTV Pintu Berkah (ketuk gambar u/ menyaksikan)

Selama pandemi corona melanda, semua job artis tertunda dan banyak yang dibatalkan. Kegiatan hari-hari ketika stay at home, Rani aktif mengcover lagu untuk channel YouTube Rani Zamala. Gadis berdarah bugis mandar berpendapat, ini eranya media sosial jadi harus dipergunakan teknologi kekinian itu untuk hal positif termasuk ia sendiri sedang belajar menjadi YouTuber.

Selain membuat materi konten YouTube, Rani bersama teman-temannya juga mengisi waktu untuk latihan menari dancer, katanya sekalian untuk olah raga, biar tetap menjaga stamina tubuh dan kesehatan selama stay at home.

Boleh Rani ceritakan tentang pacar atau calon pasangan hidupmu, “Rani sudah umur 22 tahun tapi sampai sekarang Alhamdulillah tetap bersyukur walau belum dipertemukan dengan jodoh, Rani masih single gaes, masih jomblo lebih tepatnya,” kata Rani sambil ketawa enjoy.

“Menurut aku ya nggak apa-apa, jadi ada waktu buat memfokuskan ke hal-hal yang lebih produktif gitu loh, jadi nggak distract gara-gara nggak punya pacar. Aku sekarang tetap jalani kegiatan-kegiatan positif. Doa Semoga Allah mempertemukan aku dengan jodoh pilihannya, Aamiin. Tutup Rani dengan harapan dan doa (unoe/aqodir)

Related posts