Next Post
banner
IMG_20200530_144110

Seabrek Prestasi, Sekarang Putri Jamila Menuai Hasil

Jakarta, Voice of Dangdut – Orang tuanya Putri Jamila dulu sering cerita, kalau anak semata wayangnya sejak usia 2 tahun sudah senang meniru nyanyian Nike Ardilla, minta selalu diputar lagu dari bintang pujaannya, nangis dan ngambekan kalau nggak dibelikan kaset baru Nike Ardilla.

Percakapan santai dengan Wahed Unoe dari VOD pada Jumat malam 29/5/2020, Putri Jamila yang akrab dipanggil Jamila menyampaikan banyak hal tentang proses awal menjadi penyanyi, prestasi yang pernah diraih di masa kecil hingga dewasa, gemar mengedit gambar sampai namanya viral dan trending di jagat maya.

Sejak kapan Jamila suka dengan dunia menyanyi? “Kalau kata mama sih bakatku sudah terlihat sejak di sekolah Taman Kanak-kanak (TK), katanya aku sudah menghafal lancar beberapa lagu Alamarhumah Nike Ardilla.”

Jamila dan putri tunggalnya Bayang yang kreatif

“Saat di Sekolah Dasar (SD) kegemaranku makin mengarah. Dari umur 5 tahun kakekku Muhammad Nurdin (ayah dari papa) yang waktu itu bekerja di Polres Subang, selalu mengajak aku manggung ketika ada acara-acara besar di Polres,” ungkap Jamilah yang sejak SD selalu juara 1 kalau ikut festival.

Sederet juara festival yang pernah diraih Jamila ketika masih di SD salah satunya yang paling bergengsi saat kelas 4, yaitu juara 1 lomba lagu pendidikan se Provinsi Jawa Barat tahun 2001.

Jamila mengaku bersyukur terlahir dari keluarga seni, mulai dari kakek Gumelar (ayah dari mamanya) , tante, mama dan semua keluarga besar dari garis ibunya di Subang penyanyi. Ternyata tante yang dimaksud adalah Ati Adyati peraih BASF Award Dangdut remix 1992.

Jamila menuturkan sejak masuk sekolah SMP ia sudah menyanyi dari panggung ke panggung dan dapat uang jajan dari hasil menyanyi. Di daerah kelahirannya di Subang nama Putri Jamila cukup dikenal walau kala itu usianya masih belasan tahun.

Pemilik wajah dan suara yang tergolong mirip dengan Mulan Jameela, bercerita kalau ia pernah juara 1 Bintang Radio Republik Indonesia (RRI) di Pekan Baru, Riau tahun 2009.

Kenapa bisa juara RRI di Pekan Baru, sedangkan lahir dan menetap di Subang Jawa Barat, dapat Jamila jelaskan lebih rinci? “ya bang, kami pernah tinggal beberapa saat di Pekan Baru.”

“Papa punya usaha pentas seni hiburan rakyat antar kota, dulu kami pernah tinggal di Pekan Baru, tapi nggak lama. Saat di sana kebetulan sedang ada festival Bintang Radio RRI, aku ikut dan Alhamdulillah dapat juara 1,” kenang putri semata wayang dari pasangan Muhammad Swandi Silitonga dan Nuke Handayani.

Setelah menjadi juara 1 RRI di Pekan Baru, selanjutnya ia ditunjuk mewakili Provinsi Riau ikut kompetisi Bintang RRI tingkat nasional di Makasar, Sulawesi Selatan tahun 2009, namun perempuan berbakat yang lahir tahun 1992 tersebut belum beruntung pada waktu itu.

Tidak berhenti masa kanak-kanak dan remaja saja, setelah tumbuh dewasa pun Jamila masih terus mengejar mimpi menakluk panggung. Dokumen prestasi sejarah hidupnya dengan mudah kita temui di Google search engine.

Sejumlah surat kabar, televisi dan media online banyak mengulas tentang prestasi Putri Jamila. diantaranya:
Juara 1 Everybody Superstar, Trans Tv
Juara 1 The Star Mulan Jameela, Trans 7
Juara 1 Real Star Mulan Jameela, Trans 7
Juara 1 Ratu Pantura Show, Indosiar
Juara 1 Bintang Pantura 5, Indosiar
Top 6 Dangdut Academy Asia 4, Indosiar

Apa Jamila pernah keluarkan single? “Ya Alhamdulillah pernah bang, bareng putriku Bayang kami menulis lagu bersama judulnya Mas Bambang.” Nonton ya kata Jamila sembari memberikan linknya YouTube : https://youtu.be/GhPb_XDk_jE

“Lagu Mas Bambang ciptaan kami, bergenre Dangdut Remix diproduksi oleh label Promedia Production,” ucap Jamila yang katanya sudah siap dengan single baru dan sedang menunggu waktu yang tepat untuk di launching.

Satu dari sekian editan Jamila dan Bayang yang viral

Beberapa minggu lalu nama Jamila banyak diberitakan media, postingan gambar editan Ariel di instagrammu¬† https://instagram.com/jamila__putri?igshid=mhyfoopxmdjn banyak dikutip¬†dan viral, bisa Jamila jelaskan? soalnya tidak sedikit netizen yang terkecoh, “Hehehe itu karya editan aku dan anakku bang.”

“Aku mengagumi Ariel sejak masih di SMP sekian belas tahun lalu, sekarang di musim pandemi Corona ini kitakan di rumah saja nggak kemana-mana, jadi sama putri tunggalku Bayang kami iseng edit foto dan video bareng idola,” kata Jamila sambil terus tertawa menceritakan keseruannya mengedit foto Ariel Noah.

“Kalau menjadi viral, itu artinya karya editan aku dan Bayang sukses menarik perhatian netizen, gitu kan bang.” Kata Jamila yang memiliki fans club KUPUJA, singkatan dari keluarga Putri Jamila dengan bangga. (unoe/aqodir)

Related posts